1 Abad Muhammadiyah

1 Abad Muhammadiyah

Menyongsong peringatan tepat  1 Abad Muhammadiyah (menurut kalender miladiyah : 18 Nopember 1912 – 18 Nopember 2012)  atau tepat 103 tahun (menurut kalender hijriyah, 8 Dzulhijjah 1330 H – 8 Dzulhijjah 1433 H), Universitas Muhammadiyah Jember akan menggelar SEMINAR bertajuk: “HUKUM UNTUK KEMANUSIAAN DAN PERADABAN” bertempat di Gedung  A. Zaenuri, Kamis, 1 Nopember 2012.

Seminar serupa dengan tema yang berbeda, juga akan digelar secara serentak di enam lembaga/Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di Jawa Timur. Selain Universitas Muhammadiyah (UM) Jember, Seminar Sehari dengan tema pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan persoalan sosial kemasyarakatan lainnya, juga akan digelar secara serentak  di UM Malang, UM Surabaya, UM Sidoarjo, UM Gresik, dan UM Ponorogo.

Seperti dijelaskan Wakil Rektor I Unmuh Jember, Dr. M. Hatip, M.Pd, mengutip hasil rapat koordinasi yang digelar Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, di Surabaya, yang dihadiri Rektor, Dr.H. Aminullah Elhady,  untuk Universitas Muhammadiyah Jember, mendapat bagian tema: “ HUKUM UNTUK KEMANUSIAAN DAN PERADABAN.”

Sementara, Ketua Panitia Seminar, H. Sulistio Adiwinarto, SH.,MH., yang juga Dekan Fakultas Hukum Unmuh Jember, menjelaskan seminar dalam rangka Milad Muhammadiyah 1 Abad, menurut kalender miladiyah/masehi ini, akan membedah berbagai persoalan hukum di Indonesia, termasuk carut-marutnya hukum tata negara, yang belakangan kerap menimbulkan perdebatan panjang di kalangan warga masyarakat.

Untuk itu, kata H. Sulistio Adiwinarto, pihaknya akan menghadirkan para narasumber yang cukup berkompeten. Diantaranya, Prof. Dr. Samsul Wahidin, yang sehari-hari menjadi guru besar Ilmu Hukum di Unmer Malang, Dr. Widodo Eko Wahyono, M.Hum, dosen Fakultas Hukum di Universitas Jember (Unej) dan salah seorang dosen Fakultas Hukum Unmuh Jember yang juga tercatat aktivis perempuan dan Ketua PD Aisyiyah Kab. Jember, Menik Chumaidah, SH.,M.Hum.

Sebagai tamu kehormatan, sekaligus peserta aktif seminar, Panitia juga telah mengundang hadir, anggota DPD RI dari Dapil Jawa Timur, yang juga Alumni Fakultas Hukum Unmuh Jember, Wasis Siswoyo. “Beliau sudah kami kontak dan siap hadir untuk ikut meramaikan agenda Seminar masalah Hukum, karena kebetulan beliau juga alumni Fakultas Hukum Unmuh Jember,” tutur H. Sulistio.

Sedikitnya, 300 peserta diharapkan hadir dalam kegiatan ini. Mereka antara lain, jajaran instansi pemerintah yang terkait dengan hukum, seperti Bagian Hukum Pemkab Jember, Kepolisian Resort Jember, Kodim 0824 Jember, unsur Kejaksaan, Pengadilan Negeri (PN), Pengadilan Agama, dan dinas/instansi pemerintah lainnya.

Adapun undangan lainnya, kata Sulistio Adiwinarto, diantaranya lembaga/ormas Islam dan lembaga bantuan hukum, serta instansi/ lembaga lainnya. Selebihnya, dosen Fakultas Hukum dari sejumlah perguruan tinggi di wilayah eks Karesidenan Besuki, perwakilan dosen dari internal Unmuh Jember, perwakilan mahasiswa BEM dan UKM.

“Tidak ketinggalan, karena kegiatan seminar ini terkait dengan peringatan Milad 1 Abad Muhammadiyah, maka kami juga mengundang Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Pimpinan Daerah Aisyiyah,  Pimpinan Ortom Tingkat Daerah. Disamping seluruh Majelis/Lembaga, unsur PCM / PCA dan  pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah se Kabupaten Jember, serta anggota Pimpinan Daerah Muhammadiyah se Eks Karesidenan Besuki dan Lumajang,” ujarnya

Add new comment

Comments

New comment